Yamaha Jupiter MX Modif Trail Grasstrack Adventur Supermoto

Yamaha Jupiter MX Modif Trail Grasstrack Adventur Supermoto

Yamaha Jupiter MX Modif Trail Grasstrack Adventur Supermoto - Produk garputala 135cc milik Suhardi yang seorang Polisi DITPOLAIR di Polda Jateng ini menarik dibahas. Bukan karena motor ini milik seorang Briptu, tapi memang dari sisi desain, acuan yang coba dianut cukup jelas dan pengerjaan terhitung rapi.

Yamaha Jupiter MX Modif Trail Grasstrack Adventur Supermoto
Yamaha Jupiter MX Modif Trail Grasstrack Adventur Supermoto

Sekilas tampilan dari Kawasaki KLX cukup kentara pada motor yang dikelir oranye kombinasi hitam ini. Seperti teromol, piringan cakram, lengan ayun dan juga bodi set aplikasi dari kepunyaan KLX. Tapi, jika diperhatikan seksama, ada bagian yang disesuaikan selera pemiliknya.

Basic motor MX 135 sebenarnya tidak begitu mendukung untuk dibuat tampilan trail. Maka itu, dia coba konsultasi ke rumah modif Pap & Mam Modified (PMM) di Jl. Kedung Mundu, Semarang, Jawa Tengah. Hasil konsultasi, akhirnya disepakati membuatkan rangka baru.

Yamaha Jupiter MX Modif Trail Grasstrack Adventur Supermoto
Yamaha Jupiter MX Modif Trail Grasstrack Adventur Supermoto

Yamaha Jupiter MX Modif Trail Grasstrack Adventur Supermoto
Yamaha Jupiter MX Modif Trail Grasstrack Adventur Supermoto

“Jupiter MX merupakan motor bebek. Untuk itu jika kita ingin mengubahnya jadi trail, maka semuanya harus ubah,” buka Hendro yang komandan dari PMM. Tak tunggu lama, seluruh bagian motor dimutilasi, hanya meninggalkan mesin saja.

Desain rangka dibutuhkan kepresisian dalam hal dimensi dan komposisi tampilan motor secara keseluruhan. “Yang punya motor inginnya tidak terlalu tinggi. Sehingga perlu dibuatkan desain yang pas sehingga tampilan motor tidak kedodoran,” lanjut pria yang mulai fokus pada modifikasi fungsional ini.


Untuk rangka bagian atas, dipilih pipa besi yang mempunyai diameter ¾ inci, sedangkan untuk bawah dan sub frame didesain ulang dengan mengandalkan pipa ½ inci. Nah, rangka harus padu saat disandingkan lengan ayun dari KLX.

“Saat set mesin di rangka, sempat alami masalah. Bensin netes terus, karena posisinya tidak pas. Jadi harus mendesain ulang rangka,” bebernya.

Berikutnya! Untuk menambah kesan gahar, tampilan deltabox yang terbuat dari serat fiberglass dipasangkan. Dari fungsi, mungkin tidak begitu besar. Tapi, secara visual dengan adanya sasis ‘tipuan’ ini motor semakin terlihat macho.

Dari kaki-kaki, andalkan upside down. Ini, dikombinasikan dengan lingkar roda diameter 17 inci. Baik depan maupun belakang. “Karena motor lebih banyak dipakai di permukaan aspal, maka ban pakai kembangan buat aspal dan tanah. Atau, dual purpose,” beber mekanik yang memilih ban Swallow ukuran 100/80-17 untuk depan dan 120/80-15 (belakang).

Tak tertinggal, pengecatan diserahkan pada Rief Painting&Airbrush di Jl. Amposari, Kedungmundu, Semarang. Warna oranye khas KTM yang dikombinasikan dengan garis-garis hitam, semakin menonjolkan sisi maskulin dari pacuan. “Warna ini pakai cat Blinken yang ditutup dengan clear Spies Hecker,” tutup Arif sang brusher. (gtxconcept.blogspot.com)

DATA MODIFIKASI
Pelek: TDR
Monosok: DBS
Setang: Baros
Knalpot: AHM
Pap&Mam Modified: 0813-2825-4585



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top