Kumpulan
Gambar Rangka Motor Trail Trabas Grasstrack Dan Motor Cross Terlengkap - Rangka adalah penentu bobot suatu
kendaraan yang akan berfungsi menjadi salah satu penentu nilai pada desain
eksterior kendaraan. disini kita bahas mengenai rangka trail alias rangka buat
kompetisi grasstrack, mungkin tidak akan jauh berbeda dengan rangka motor ramah
lingkungan yang sering digunakan harian, lihat juga
Kumpulan Gambar Rangka Motor Trail Trabas Grasstrack Dan Motor Cross Terlengkap |
Rangka KTM 85 grasstrack and motor cross |
Rngka CRF terbaik 2017 |
Gambar Rangka yz85 untuk grasstrack dan Moto cross |
Rangka RM85 2017 |
Rangka juga fungsi utama dari sepeda motor dimana
menghubungkan roda depan dan roda belakang melalui kemudi dan mekanisme
suspensi.
Rangka mempunyai peranan khusus yaitu menghubungkan garpu
depan melalui bagian dudukan bearing ( depan kemudi ) dari rangka dan menerima
gaya reaksi dari roda depan.
Rangka menghubungkan lengan kemudi melalui poros lengan ayun
dibagian tengah rangka dan menahan gaya reaksi dari roda belakang, bersama
dengan absorber belakang.
Pengklasifikasian Dan Model
Ada bebebrpa berbagai jenis rangka tergantung bahan,
konstruksi dan bentuknya.
Klasifikasi berdasarkan jenis bahan/material
Rangka pipa baja ( steel tube frames )
Komponen utama dari rangka dibuat dari pipa baja dengan pipa
baja ini dapat dibuat sebuah konstruksi rangka yang besar walaupun diameternya
relatif kecil sehingga mempunyai kelebihan dalam dinamika strukturnya.
Rangka lembaran baja ( steel metal frames )
Rangka ini dirancang dengan lembaran baja yang ditekan untuk
membuat komponen bagian kiri dan kanan dan di las bersama membentuk bagian yang
tipis melalui bagian permukaan yang menyilang biasanya beberapa pelat penguat
ditambahkan pada bagian dimana terjadi pemusatan tekanan atau ditempat-tempat
tertentu dimana terjadi perubahan ketebalan pelat fungsinya adalah untuk
memperkuat konstruksi secara keseluruhan.
Rangka aluminium
Rangka ini terbuat dari komponen aluminium tuang ( casting ),
tempa ( forging ), gulung ( rolling ) atau gulungan baja ( steel rolling ) yang
dilas membentuk rangka. Beberapa diantaranya dibuat melalui proses cetakan yang
karena dapat dibuat berbagai macam bentuk / sudut bisa dipakai untuk konstruksi
yang rumit atau bisa juga terbuat dari butir-butir pasir tuangan yang dibentuk
menjadi sebuah rangka.
Rangka yang terbuat dari aluminium lebih ringan dan kaku
aluminium dapat diproses untuk menambah daya tahan dan bentuknya dapat dibuat
semenarik mungkin karena kelebihannya inilah maka aluminium sekarang banyak
dipakai untuk sepeda motor.
Klasifikasi Berdasarkan Bentuk Rangka
Rangka berbentuk cradle
Dengan rangka seperti ini, mesin disangga didalam rangka.
Rangka ini sendiri mempunyai kekuatan tarik dan kekakuan yang
relatif tinggi sehingga banyak motor balap yang mempunyai beban berat
menggunakan rangka tipe ini. Rangka double cradle mempunyai dua buah pipa yang
sejajar yang bermuara dipusat kemudi sementara pada semi double cradle terdapat
sepotong pipa dari arah kemudi yang ujungnya bercabang dua.
Rangka berbentuk berlian
Pada rangka ini bagian penyangga mesin sebelah bawah
dihilangkan untuk mendapatkan kekuatan dan kekakuannya, rangka ini menggunakan
mesin sebagai bagian dari rangka komponen dibagian bawah dihilangkan agar
rangka menjadi lebih ringan dan banyak sepeda motor balap menggunakan rangka
ini. Dibeberapa tipe sepeda motor mesin diletakkan pada posisi utama pipa
dibawah tangki bensin dan tidak mempunyai pipa bawah. Model ini juga disebut
rangka berlian bagian menyilang dari pipa utama mempunyai bentuk bervariasi
tetapi secara umum berbentuk kotak dan kadang-kadang disebut rangka kotak.
Rangka backbone
Rangka model ini juga disebut rangka bertulang punggung
bagian penyokong mesin seluruhnya dihilangkan dan bagian tulang yang berbentuk seperti
punggung tadi memanjang dari pusat kemudi sampai ke bagian belakang sepeda
motor. Pipa baja kadang-kadang digunakan untuk bahan ini tetapi banyak juga
rangka backbone ini dibuat dari plat baja yang dibentuk dengan pres ( ditekan
). Proses pembuatannya sangat mudah dan cocok untuk dibuat secara massal
diperlukan suatu bentuk penampang menyilang yang tepat karena seluruh beban
tarik, getaran maupun lainnya bertumpu dibagian backbone ini saat ini bentuk
rangka seperti ini kebanyakan dipergunakan untuk motor-motor kelas bisnis.
Rangka underbone
Rangka model ini banyak digunakan untuk sepeda motor
keluarga.
Untuk kenyamanan pengemudi, ruangan terbatas antara pusat
kemudi dengan tempat duduk, memungkinkan adanya aliran udara, tidak seperti
pada rangka backbone. Mesin menggantung dibawah rangka sehingga pada saat akan
mempertimbangkan penempatan komponen atau alat-alat kelistrikan tambahan,
ketinggiannya terbatas, sehingga kadang-kadang menimbulkan masalah dalam
perancangannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar