Kumpulan Gambar Rangka Motor Trail Trabas Grasstrack Dan Motor Cross Terlengkap

Kumpulan Gambar Rangka Motor Trail Trabas Grasstrack Dan Motor Cross Terlengkap

Kumpulan Gambar Rangka Motor Trail Trabas Grasstrack Dan Motor Cross Terlengkap - Rangka adalah penentu bobot suatu kendaraan yang akan berfungsi menjadi salah satu penentu nilai pada desain eksterior kendaraan. disini kita bahas mengenai rangka trail alias rangka buat kompetisi grasstrack, mungkin tidak akan jauh berbeda dengan rangka motor ramah lingkungan yang sering digunakan harian, lihat juga 

Kumpulan Gambar Rangka Motor Trail Trabas Grasstrack Dan Motor Cross Terlengkap 

Rangka KTM 85 grasstrack and motor cross
Rngka CRF terbaik 2017

Gambar Rangka yz85 untuk grasstrack dan Moto cross

Kumpulan Gambar Rangka Motor Trail Trabas Grasstrack Dan Motor Cross Terlengkap
Rangka RM85 2017

Rangka hasil custom sendiri

Rangka juga fungsi utama dari sepeda motor dimana menghubungkan roda depan dan roda belakang melalui kemudi dan mekanisme suspensi.

Rangka mempunyai peranan khusus yaitu menghubungkan garpu depan melalui bagian dudukan bearing ( depan kemudi ) dari rangka dan menerima gaya reaksi dari roda depan.

Rangka menghubungkan lengan kemudi melalui poros lengan ayun dibagian tengah rangka dan menahan gaya reaksi dari roda belakang, bersama dengan absorber belakang.

Pengklasifikasian Dan Model
Ada bebebrpa berbagai jenis rangka tergantung bahan, konstruksi dan bentuknya.
Klasifikasi berdasarkan jenis bahan/material
Rangka pipa baja ( steel tube frames )
Komponen utama dari rangka dibuat dari pipa baja dengan pipa baja ini dapat dibuat sebuah konstruksi rangka yang besar walaupun diameternya relatif kecil sehingga mempunyai kelebihan dalam dinamika strukturnya.
Rangka lembaran baja ( steel metal frames )
Rangka ini dirancang dengan lembaran baja yang ditekan untuk membuat komponen bagian kiri dan kanan dan di las bersama membentuk bagian yang tipis melalui bagian permukaan yang menyilang biasanya beberapa pelat penguat ditambahkan pada bagian dimana terjadi pemusatan tekanan atau ditempat-tempat tertentu dimana terjadi perubahan ketebalan pelat fungsinya adalah untuk memperkuat konstruksi secara keseluruhan.
Rangka aluminium
Rangka ini terbuat dari komponen aluminium tuang ( casting ), tempa ( forging ), gulung ( rolling ) atau gulungan baja ( steel rolling ) yang dilas membentuk rangka. Beberapa diantaranya dibuat melalui proses cetakan yang karena dapat dibuat berbagai macam bentuk / sudut bisa dipakai untuk konstruksi yang rumit atau bisa juga terbuat dari butir-butir pasir tuangan yang dibentuk menjadi sebuah rangka.
Rangka yang terbuat dari aluminium lebih ringan dan kaku aluminium dapat diproses untuk menambah daya tahan dan bentuknya dapat dibuat semenarik mungkin karena kelebihannya inilah maka aluminium sekarang banyak dipakai untuk sepeda motor.
Klasifikasi Berdasarkan Bentuk Rangka
Rangka berbentuk cradle
Dengan rangka seperti ini, mesin disangga didalam rangka.
Rangka ini sendiri mempunyai kekuatan tarik dan kekakuan yang relatif tinggi sehingga banyak motor balap yang mempunyai beban berat menggunakan rangka tipe ini. Rangka double cradle mempunyai dua buah pipa yang sejajar yang bermuara dipusat kemudi sementara pada semi double cradle terdapat sepotong pipa dari arah kemudi yang ujungnya bercabang dua.
Rangka berbentuk berlian
Pada rangka ini bagian penyangga mesin sebelah bawah dihilangkan untuk mendapatkan kekuatan dan kekakuannya, rangka ini menggunakan mesin sebagai bagian dari rangka komponen dibagian bawah dihilangkan agar rangka menjadi lebih ringan dan banyak sepeda motor balap menggunakan rangka ini. Dibeberapa tipe sepeda motor mesin diletakkan pada posisi utama pipa dibawah tangki bensin dan tidak mempunyai pipa bawah. Model ini juga disebut rangka berlian bagian menyilang dari pipa utama mempunyai bentuk bervariasi tetapi secara umum berbentuk kotak dan kadang-kadang disebut rangka kotak.
Rangka backbone
Rangka model ini juga disebut rangka bertulang punggung bagian penyokong mesin seluruhnya dihilangkan dan bagian tulang yang berbentuk seperti punggung tadi memanjang dari pusat kemudi sampai ke bagian belakang sepeda motor. Pipa baja kadang-kadang digunakan untuk bahan ini tetapi banyak juga rangka backbone ini dibuat dari plat baja yang dibentuk dengan pres ( ditekan ). Proses pembuatannya sangat mudah dan cocok untuk dibuat secara massal diperlukan suatu bentuk penampang menyilang yang tepat karena seluruh beban tarik, getaran maupun lainnya bertumpu dibagian backbone ini saat ini bentuk rangka seperti ini kebanyakan dipergunakan untuk motor-motor kelas bisnis.
Rangka underbone
Rangka model ini banyak digunakan untuk sepeda motor keluarga.
Untuk kenyamanan pengemudi, ruangan terbatas antara pusat kemudi dengan tempat duduk, memungkinkan adanya aliran udara, tidak seperti pada rangka backbone. Mesin menggantung dibawah rangka sehingga pada saat akan mempertimbangkan penempatan komponen atau alat-alat kelistrikan tambahan, ketinggiannya terbatas, sehingga kadang-kadang menimbulkan masalah dalam perancangannya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top